Kenaikan Titik Didih

Suatu zat cair akan mendidih jika tekanan uap jenuh zat cair itu sama dengan tekanan udara di sekitarnya. Apanila air cair murni dipanaskan pada tekanan 1 atm (760 mmHg) maka air akan mendidih pada temperature 100C, karena pada temperature itu tekanan uap air sama dengan tekanan ydara disekitarnya. Temperature pada tekanan uap jenih zat cair yang sama dengan 1 atm disebut titik didih normal zat cair itu. Apa yang terjadi jika gula dilarutkan kedalam air ? dengan sendirinya tekanan uap larutan gula akan turun.

Semakin banyak gula dilarutkan, semakin besar penurunan tekanan uapnya, sehingga pada temperature 100C larutan gula belum mendidih sebab tekanannya kurang dari 760mmHg. Larutan itu memerlukan temperature yang lebih tinggi lagi agar tekanan uap jenuhnya sama dengan tekanan udara di sekitarnya, karena adanya partikel-partikel zat terlarut dalam larutan yang menghalangi peristiwa penguapan partikel pelarut. Oleh karena itu, penguapan partikel-partikel pelarut membutuhkan energy yang lebih besar.

Gambar Mendidihkan larutan gula

Selisih antara titik didh larutan dengan titik didih pelarut murni disebut kenaikan titik didih (∆Tb).

Kenaikan titik didih yang dissebabkan oleh 1 mol zat yang dilarutkan dalam 1.000 gram zat pelarut mempunyai harga yang tetap dan disebut tetapan kenaikan titik didh molal (Kb). Setiap zat pelarut mempunyai harga Kb yang berbeda, seperti yang dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel Tetapan kenaikan titi didh molal (Kb)

Pengertian lain menyebutkan kenaikan titik didih adalah bertambahnya titik didih suatu larutan relatif terhadap titik didih pelarut murninya. Nilai kenaikan titik didih berbanding lurus dengan kemolalan larutan.hubungan kemolalan dan kenaikan titik didih larutan sebagai berikut:

∆Tb = Kb x m

Dengan: Tb = kenaikan titik didih molal

Kb = tetapan kenaikan titk didih molal

m = Kemolalan

Hubungan kenaikan titik didh dengan konsentrasi larutan secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut.

Gambar Diagram
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *