Penurunan Tekanan Uap

Tekanan uap adalah tekanan gas yang berada diatas zat cairnya di dalam tempat tertutup, di mana gas dan zat cair berada dalam kesetimbangan dinamis. (Johari, 2008)

Jumlah uap diatas permkaan zat cair akan mencapai kejenuhan pada tekanan tertentu, sebab jika jumlah uap sudah jenuh akan terjadi pengembunan. Tekanan uap ini disebut tekanan uap jenuh. Jumlah partikel pelarut murni pada fase gas memberikan suatu tekanan yang disebut tekanan uap. Penurunan Tekanan Uap adalah berkurangnya tekanan uap suatu larutan relatif terhadap tekanan uap pelarut murninya. (Johari, 2008)

Sejak 1887-1888, Fracis Marie Raoult telah mempelajari hubungan antara tekanan uap dan konsentrasi zat terlarut dan mendapatkan suatu kesimpulan bahwa:

Pernyataan ini dikenal dengan Hukum Roult dan dapat dituliskan sebagai berikut:

Plarutan = Xpelarutpelarut

Dengan    P =  tekanan uap larutan

                X = fraksi mol pelarut

                P˚ = tekanan uap pelarut murni

(Sudarmo, 2015)

Dengan demikian penurunan tekanan uap dapat dinyatakan dalam rumus berikut:

P = P˚pelarut – Plarutan

P = P˚pelarut – (Xpelarutlarutan)

P = P˚pelarut – (1 – Xpelarut), maka

P = P˚pelarut . Xpelarut

Atau

∆P = Px Xt   atau   P = P x Xp

Keterangan :

∆P       = Penurunan Tekanan Uap

P         = Tekanan Uap Pelarut Murni

P          = Tekanan Uap Larutan

Xp        = Fraksi Mol Zat Pelarut

Xt        = Fraksi Mol Zat Terlarut

n1           = Mol Zat Terlarut

n2         = Mol Zat Terlarut

Pada peristiwa penguapan terjadi perubahan dari zat cari menjadi gas. Molekul-molekul zat cair yang menguap meninggalkan permukaannya menyebabkan terjadinya tekanan uap zat cai. Semakin mudah molekul-molekul zat cair menguap, maka semakin tinggi pula tekanan uap zat cair.tekanan uap dipengaruhi oleh temperature dan jumlah zat terlarut.semakin tinggi temperature maka semakij tinggi pula tekanan uap zat cair. “Semakin lemah gaya tarik-menarik antarmolekul zat cair, semakin mudah zat cair tersebut mudah menguap. Semakin mudah zat cair menguap, semakin besar pula tekanan uap jenuhnya.” (Justiana, 2009)

Gambar Air yang menguap menimbulkan tekanan uap.
Tabel tekanan uap air pada berbagai temperatur.

Bagaimana jika terjadi penurunan tekanan uap larutan? jika kedalam pelarut dimasukkan zat terlarut yang sukar menguap maka tekanan uap pelarut tersebut akan turun. Mengapa demikian ? hal ini disebabkan karena antara molekul zat terlarut dengan molekul pelarut terjadi gaya tarik menarik. Dengan kata lain, molekul-molekul zat terlarut akan menghalangi penguapan zat pelarut, sehingga tekana uap larutan lebih rendah dari pada tekana uap pelarut murni. 

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *