Tekanan Osmosis

Pada 1784 seorang ahli fisika Prancis menemukan fenomena bahwa ketika kantung diisi alkohol kemudian dimasukkan kedalam air, kantung tersebut akan menggelembung. Berdasarkan pengamatannya ternyata air akan menerobos masuk melalui dinding semipermeabel dari kantung. Peristiwa bergeraknya partikel dari suatu larutan yang lebih encer atau pelarut murni kedalam larutan yang lebih pekat melalui dinding semi permeable disebut osmosis. (Sudarmo, 2015)

Tekanan osmosis adalah tekanan hidrostatis yang terbentuk pada larutan untuk menghentikan proses osmosis pelarut ke dalam larutan melalui selaput semi-permeabel. Tekanan osmosis adalah tekanan luar yang diberikan pada larutan untuk menghentikan proses osmosis pelarut ke dalam larutan melalui selaput semi permeabel.

Selaput semipermeabel adalah suatu selaput yang dapat dilalui oleh molekul-molekul pelarut, sedangkan molekul-molekul zat terlarut tidak dapat melaluinya.

Gambar Peristiwa Osmosis

Tekanan hidrostatis yang dihasilkan dari proses osmosis yang menahan merembesnya molekul-molekul pelarut disebut tekanan osmotic. Jika tekanan osmotic dua larutan dibandingkan maka ada tiga kemungkinan, yaitu sebagai berikut.

  1. Larutan-larutan yang mempunyai tekanan osmotic sama disebut isotonic.
  2. Larutan-larutan yang mempunyai tekanan osmotic lebih rendah dari pada larutan lain disebut hipotonik.
  3. Larutan-larutan yang mempunyai tekanan osmotic lebih tinggi dari pada larutan lain disebut hipertonik.

Dalam bidang kesehatan, tekanan osmotic cairan infuse harus sesuai dengan tekanan osmotic darah (isotonic/iso osmotic). Jika tekanan dalam sel darah merah lebih besar darupada tekanan cairan infuse (hipertonik) maka air dalam sel darah merah akan kelaur, sehingga sel akan mengkerut. Jika tekanan dalam sel darah merah lebih kecil daripada tekanan cairan dinding sel akan mengembang dan pecah. Jadi, tekanan osmotic darah agar injeksi cairan infuse dapat diterima dengan baik olelh tubuh. (Sri Rahayu Ningsih, 2014)

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *